FUN Institute

Sholehah adalah Jawaban


sholiha-preneur-1.jpg
Saya pernah menuliskannya dalam buku Doa-doa Enteng Jodoh (2009). Buku yang berkisah tentang banyak pengalaman jalan menuju jodohnya. Dalam tulisan itu saya menulis pengalaman, seringkali kita membuat kriteria sempurna, tapi sebenarnya cukup dengan satu kriteria saja, sholehah. Namanya juga pengalaman pribadi, karena pada akhirnya, kriteria cantik, pintar, dan kaya itu ada di dalam satu kata itu saja. Setidaknya menurut saya.

Di festival-festival akhir bulan lalu, Fun Institute Festival, 29/4/2018 selain launching buku ‘Aku Tak Cinta Padamu’ karya penulis Fun Institute. Juga ada launching ‘Sholiha Preneur’. Nah, apalagi tuh. Dari namanya, sudah pasti bukan buku. Tapi ini adalah sebuah komunitas tentu saja anggotanya perempuan, yang memiliki spirit dan visi yang sama dalam membangun jaringan usaha. Karena membawa nama shalihah, selain karena anggotanya perempuan, mereka juga berbasis masjid.

Sholiha Preneur4

Bagaimana bisa Sholiha Preneur nyelip di acara Fun Institute Festival tentu ada ceritanya. Dwi Rahayu, kordinator atau ketua komunitas ini adalah salah satu anggota kelas menulis Cinta Masjid Cinta Menulis atau yang dikenal Komunitas 2CM yang berbasis di Masjid Raya Al-Azhom, Kota Tangerang. Mereka berkumpul setiap dua pekan sekali pada hari Ahad bakda dhuhur sebulan dua kali.

Seusai kelas menulis, mereka bertemu lagi untuk kelas muslimah pada kajian Bulughul Maram bimbingan Ustad Tono. Mungkin karena itu intensitas pertemuan itu, awal keeratan, persamaan pandangan, dan minat pada enterprenuer, maka sepakatlah mereka mengikat diri dalam perkumpulan yang dinamai Shaliha Preneur. Hmm, insya Allah mereka adalah para perempuan shalihah yang berjiwa Khadijah.

Setahu saya memang latar belakang anggota Shaliha Preneur adalah pebisnis, walaupun dalam skala yang masih kecil. Ada yang sudah bergabung dengan Pay Tren-nya Ustadz Yusuf Mansyur, pengrajin craft atau souvenir, ada yang usaha online lainnya, punya rumah makan. Masih muda, rajin mengaji, terus belajar, punya usaha, hidup menjadi perempuan shalihah yang mandiri, dan bermanfaat bagi orang banyak. Kira-kira begitu tujuan atau visi dari Shalihah Preneur.

Sholiha Preneur 3

Sebagai bukti keberdayaan mereka, dalam launching Shalihah Preneur di ajang Fun Institute Festival mereka sertakan beberapa hasil crafting mereka. Dan yang paling penting adalah makan siang dengan ‘gelaran’ atau ‘padangan’ yang disajikan untuk semua yang hadir siang itu, persembahan dari dari Shaliha Preneur! Wow… terima kasih banyak, masakannya enak. Bahkan Kang Arul terpikat dengan sambalnya. “Kapan-kapan boleh lagi nih…” katanya. Masakannya yang enak dipuji juga oleh Erawati selaku tuan rumah dan beberapa yang hadir lainnya.

“Kalau mau pesan, bisa menghubungi Shalihah Preneur…” ujar saya sambil menunjuk Weni sebagai orang yang paling bertanggung jawab dengan masakannya yang enak siang itu.

Sholiha Preneur 2

Kebaikan yang bersama-sama tentu akan lebih baik hasilnya, apalagi kebaikan yang terencana dalam kebersamaan. Daya dan energinya akan lebih besar, sehingga langkahnya lebih kuat dan hasilnya lebih besar. Beberapa program yang telah direncanakan Shalihah Preneur yang terdiri dari sekitar sepuluh orang perempuan muda shalihah dan cantik ini adalah mengupayakan berdirinya sebuah tempat pendidikan terpadu untuk anak-anak termasuk mendirikan rumah tahfidz. Niat baik, dikelola orang-orang baik, dan didukung oleh para pecinta kebaikan. Insya Allah terwujud.

Sesi launching Shalihah Preneur ini seru… karena beda dengan sesi launching buku ‘Aku Tak Cinta Padamu’ sebelumnya yang hanya launching-launchingan. Launching Shalihah Preneur adalah launching beneran dan membuat ‘aku cinta padamu’ hehe… Selamat, selamat, selamat… [tef]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s