FUN Institute

Sekilas FUN Institute


Belajar menulis

Fun Institute adalah learning center, semacam pusat belajar yang bernaung di bawah Yayasan Amanah Nafsiah atau Yayasan FAN. Berkedudukan di Jalan Perintis III Komp. Pepabri Kunciran Kota Tangerang. Dari awal, Fun Institute didedikasikan untuk memberi ruang kreatif, terutama kegiatan literasi dan pendidikan informal.

Berawal dari ide sederhana memberi pelatihan dan diskusi kepenulisan kepada anak-anak muda. Taufan E. Prast yang berkecimpung di dunia penulisan, penerbitan dan literasi terpanggil untuk memberi wadah, ruang untuk transformasi kreatif, khususnya bidang kepenulisan. Maka, dibuatlah semacam program penulisan untuk berbagai genre creative writing yang dikuasainya.

Dari segala yang informal dan reriungan, perlahan bergeser menjadi kelas menulis, walaupun masih sangat insidental. Ada kelas menulis cerpen untuk anak di setiap liburan sekolah. Kemudian ada writing camp untuk mereka yang berminat menulis secara serius, hingga program kelas gratis setiap ramadhan ke berbagai lembaga dan sekolah.

Secara pasti tidak diketahui kapan persisnya FUN Institute sebagai ini dieksekusi jadi sebuah ruang. Dasar pikirnya sederhana, selain memberikan ruang transformasi keilmuan khususnya penulisan. Fun Institute lahir dari sebuah niat, memaksimalkan manfaat tempat tinggal pendirinya demi sebuah penghargaan kepada almarhumah ibundanya.

Hingga pada akhirnya, dibakukanlah dalam sebuah yayasan yang dinamai Yayasan Fitrah Amanah Nafsiah. Maknanya, apa saja yang dilkukan di Fun Institute, adalah bentuk bakti kepada orang tua, mengamalkan dan menjaga nilai-nilai yang pesankan oleh almarhumah Napsiah binti S. Djauhari kepada anaknya, Taufan E. Prast. Melembagakan nilai dan pesan baik orang tua, begitulah intinya.

Sebagai learning center, perlahan Fun Institute pun berbenah. Menyediakan diri sebagai tempat belajar sesuai dengan kebutuhan orang-orang di sekitarnya. Tidak hanya menjadi ruang belajar, tetapi menjadi ruang diskusi hingga pertunjukkan. Paling tidak beberapa acara pernah digelar di Fun Institute, salah satunya pentas Puisi Antikorupsi kerja sama KPK dan Rumah Dunia Serang – dengan menghadirkan Gol A Gong, Gusur Adikarya, dll. yang digelar di lima kota. Fun Institute menjadi tempat pertama hajat tersebut yang dirangkai dalam acara World Book Day.

Raihan prestasi para pembelajar di Fun Institute pun cukup membanggakan. Pada awal keberadaannya, tiga penulis yang belajar di Fun Institute masuk dalam nominasi lomba cerpen Banten. Beberapa lainnya ada yang menjuarai lomba menulis, menerbitkan buku, menjadi jurnalis media, hingga profesi kepenulisan lainnya.

Saat ini di Fun Institute sedang dirintis PAUD ‘Bintari’ yang berkonsep taman bermain alami. Mengenalkan anak-anak usia dini pada kearifan alam. Mohon doa, mohon dukungan, karena tidak ada kerja sendiri, selalu ada daya tak terperi ketika semua menyatu satu visi dan berkolaborasi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s