FUN Institute, Fun Writing

Gizsya – Si Anak Biografis


gizsya anak biografis Ada banyak yang datang ke Fun Institute, ada yang belajar serius, ada yang hanya menuntaskan keinginan, ada yang senang ngobrol sambil ngopi. Salah satunya anak yang serius itu adalah Gizsya. Dia datang sejak masih kuliah di Universitas Bakrie, di Kuningan Jakarta. Hingga lulus dan kini sudah bekerja.

“Kalau bisa ketemu sumbernya, mengapa harus ke tempat lain,” begitu kilahnya. Hingga dia punya keberanian untuk melakukan perjalanan dari Kuningan di episentrum ibukota  ke Kunciran. Bukan jarak yang dekat, tetapi ‘rasa’ telah membuatnya menjadi dekat. Apalagi sekarang sudah mudah sekali moda transportasinya. Transjakarta sudah melewati rest area KM 14, setidaknya ada angkutan murah yang bisa turun dekat Fun Institute.

Belum lagi transportasi lainnya… ojek online! Bisa sepeda motor, bisa juga mobil. Sudah tak ada halangan untuk sebuah kesungguhan belajar menulis. Kadang malah dengan sangat siap, gadis mungil berkacamata ini memenuhi tasnya  dengan baju ganti dan peralatan mandi. Selain tentu saja laptop, agenda dan alat menulis lainnya. Alasannya, “Aku mau nginep, biar selesai tulisannya…”

Benar saja, kerja keras dan kesungguhan akan melihatkan hasilnya. Meskipun basis pendidikan tingginya ilmu akuntansi, berada di ranah ilmu ekonomi. Tetapi Gizsya mulai piawai menulis bergaya sastra. Menjadi seorang pembelajar yang cepat, memenuhi hampir semua nasihat, dan melakukan apa yang semua penulis lakukan. Membaca buku, membaca buku, menuliskannya. Menulis, menulis, dan menulis lagi.

“Aku disuruh menulis biografi, Pah,” begitulah, kedekatannya dengan sang mentor bukan sekadar guru dengan muridnya, bukan lagi cantrik dengan panditanya. Tetapi layaknya anak dengan ayahnya. Dan biografi itu adalah debutan pertamanya menulis buku. Sebagai pembelajar cepat, Gizsya melakukan semua proses dan tahapan menulis biografi itu dengan sangat disiplin dan sungguh-sungguh.

Semua temuan kesulitan, hambatan dan masalah, langsung dikomunikasikan dengan ‘Papah’-nya. Sang mentor yang terus membimbingnya dari yang teknis, nonteknis, bahkan tak sungkan memberikan beberapa trik untuknya. “Kamu sudah memilih, sudah mengambil pekerjaan ini, tidak ada pilihan kecuali menyelesaikan.” Dan pesan itu terus dipegangnya. Tidak ringan menulis biografi. Apalagi narasumbernya orang dengan tingkat kesibukan tinggi, kepadatan acara, kerigidan agenda. Bagi pemula, ini luar biasa berat.

Menulis biografi bukan semata menulis tentang orang belaka. Tetapi ada kerja jurnalistik, investigasi, dan membutuhkan ketrampilan komunikasi lainnya. Kesabaran tentu menjadi modal yang penting. Tetapi begitulah prosesnya, tidak bisa dilewati, tidak dapat dilompati. Gizsya dengan segala kesusahpayahannya, hampir putus asa, dan nyaris tak sanggup menyelesaikannya. Walhasil menemukan ujung yang membahagiakannya.

Ketika kalimat terakhir selesai diketik dan dia memberi tanda titik. Gizsya mengabarkan kebahagiaannya. “Lega sudah Pah, selesai!” Ya, menulis hingga selesai adalah kebahagiaan. Meski ada kerja yang melahirkan kebahagiaan berikutnya, ketika buku itu dicetak. “Bukunya cetak Pah,” katanya dengan rona muka bahagia. Dan suatu ketika, dia datang tergopoh, “Pah, beliau minta dibuatkan terusannya…”

Setidaknya, tiga tahun ini, tiga buku biografi telah ditulisnya. Dan masih ada yang sedang ditulisnya. Begitulah, Gizsya telah menjadi anak yang istimewa buat ‘papah’-nya. Karena dia telah memenuhi cita-cita dan harapannya, “Terima kasih, akhirnya ada yang bisa mewujudkan impianku, meneruskan profesi ini, menuruni pekerjaan ini, menjadi penulis…” [tef]

Iklan

2 tanggapan untuk “Gizsya – Si Anak Biografis”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s