Sudut Pandang

‘Hebat’-nya Peggy Melati Sukma


“Hebat itu bukan material, bukan duniawi, jabatan atau gelar semata. Hebat itu terjaga dari sombong, riya dan takabur.” Kalimat penuh daya ini meluncur dengan lugas di hadapan orang tua murid dan hadirin lainnya, dari seorang yang dulu dikenal sebagai artis, Peggy Melati Sukma. Kini pesonanya bukan lagi semata-mata kecantikan, tapi daya pikat dan isi kalimat-kalimat yang diucapkannya.

pegi-blog
Peggy Melati Sukma, kini lebih suka disebut ‘Inspirator Hijrah’

Meskipun sudah beberapa waktu lalu Peggy menjadi narasumber di Talkshow “Menjadi Ibu Hebat untuk Anak yang Hebat” gelaran TK Islam yang dikelola istri saya, tapi saya merasa belum terlambat untuk memberi aksen dan kesan. Tentu sosok Peggy hari ini, mengusik ditelisik, selain hadir dalam performa berbeda, pesona yang dibawanya memiliki magnet lainnya.

Masa lalu adalah milik semua orang, lintas profesi! Apa pun dan siapa pun, memiliki masa lalu. Seperti kalimat ini, saya lupa sumbernya, “Seburuk apa pun seseorang di masa lalu, dia tetap punya kebaikan di masa depan. Sebaik apa pun seseorang di masa lalu, dia bisa memiliki keburukan di masa depan.” Intinya orang itu berubah. Sehingga tidak bisa menghukum orang seumur hidup dalam ingatan kita, tentang masa lalunya.

Setidaknya itu yang ingin ditampilkan oleh Peggy dan beberapa sosok lain yang pernah beruntung dengan panggung selebrasinya. Dikenal banyak orang, dikagumi banyak orang juga, kalau dulu mungkin kecantikannya, kegantengannya, kemampuan akting dan aksi panggungnya. Tapi hari ini hadir tetap dengan takdir kecakepannya, tetapi di jalur yang berbeda. Dengan sadar, semua itu di balik arahnya, diberi bobot, dan diarahkan menjadi sebuah ‘hijrah’ demi kebaikan, kemanfaatan, dan kemaslahatan umat.

Hampir dua dekade Peggy dikenal sebagai selebriti, wajahnya akrab bagi penikmat sinema elektronik tanah air, kisahnya dengan Panji Milenium panjang sekali episodenya meninggalkan kesan bagi penontonya. “Pusssiiiiinggg…” adalah gimik yang teringat dan sulit hilang, menjadi kunci mengenangnya. Selain menjadi model, presenter, dan lain-lain profesi di dunia hiburan.

Kini, Peggy lebih menyukai sebutan ‘Inspirator Hijrah’.

Saya menyaksikan sendiri, dua kata yang disebut itu lekat dengan dirinya. Memoderatori acaranya, saya melihat dari dekat, bahwa dia inspiratif, itu yang pertama. Dan dia benar-benar berhijrah. Memilih jalan yang sangat berbeda dari sebelumnya. Tidak hanya semata penampilannya, tapi pola pikir, mindset, dan spiritnya. Artinya, makna inspirator hijrah itu memang melekat, sublime, menyatu dengan dirinya.

Dia memercayai ‘keteladan’ dalam makna yang sebenarnya. Termasuk dalam pendidikan. Banyak contoh yang diberikan. Semisal yang dilakukan dirinya, menuntut ilmu itu bukan semata gelar, “Tapi karena kewajiban menuntut ilmu bagi muslim.” Jadi ketika hasilnya cum laude, – Peggy lulus dengan predikat cum laude baik studi sarjana maupun magisternya – pencapaian itu karena menunaikan kewajiban.

Perihal keteladanan dia mengingatkan pada wasiat Nabi Ibrahim as. Sehingga untuk menjadi hebat, menjadi orang tua yang hebat, menjadi ibu yang hebat, ukurannya adalah ketaatan kepada Allah dan Rasul-Nya. Jadi menjadi orangtua hebat menurut Peggy, adalah orangtua yang mampu mewariskan ketaatan dan kepatuhan kepada Allah dan tuntunan Rasulullah kepada anak-anaknya. Menjadi ibu hebat? Ya, ibu yang mewariskan ketaatan dan kepatuhan kepada Allah dan tuntunan Rasulullah kepada anak-anaknya.

“Hebat itu patokannya perintah Allah dan sunnah Rasulullah,” begitu Peggy dengan tegas menekankan.

Benar-benar inspiratif dan penuh daya kata-katanya. Mustahil kalimat sedemikian ini keluar dari orang biasa saja. Saya merasa, turut dibawa serta untuk segera berhijrah. Hijrah sudah masuk dalam KBBI, maknanya n perpindahan Nabi Muhammad saw. bersama sebagian pengikutnya dr Mekah ke Medinah untuk menyelamatkan diri dsb dr tekanan kaum kafir Quraisy, Mekah; 2 v berpindah atau menyingkir untuk sementara waktu dr suatu tempat ke tempat lain yg lebih baik dng alasan tertentu (keselamatan, kebaikan, dsb);

Peggy telah menginspirasi, berhijrah demi keselamatan dan kebaikan. Tentu tidak sementara waktu, seperti tertulis di KBBI. Doakan istiqamah, dan kita turut terbawa serta langkahnya. Karena Allah telah menunggu hijrah kita. Buruan yuk… 

 

Iklan

4 tanggapan untuk “‘Hebat’-nya Peggy Melati Sukma”

  1. bener2 amazing perjalanan Beliau. Dl mengikuti aktingnya di film Gerhana sampai tenar dg zargon pusingnya. eh skrg jadi pendakwah yg inspiratif

    1. semua orang diuji sesuai kadar kemampuannya, pesan Peggy, “Kembali ke Allah, hadapi persoalan, jangan lari…” dahsyat bukan…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s