FUN Institute

Workshop Menulis Fun Institute – SMPN 1 Kemranjen Banyumas


“Saya dulu penjaga toko mebel…”

Ruangan besar berisi lebih dari 50 siswa peserta Workshop dan Motivasi Penulisan Fun Institute bersama SMP Negeri 1 Kemranjen, hening. Semua mata menatap ke nara sumber yang hebat itu. Saya sempat terhenyak, saya mengenalnya, tapi cerita ini baru saya dengar sekarang.

“Tapi saya tidak berhenti belajar…” kata perempuan berjilbab dan berkacamata dengan tahi lalat yang semakin membuatnya menarik. “Saya terus menulis, mengikuti lomba, dan saya menang…”

Tepuk tangan memecah keheningan.

“Ingin tahu hadiahnya?” tanyanya. Peserta menggema teriak bersama, “Maauuu…”

Seratus juta rupiah…

            Kembali tepuk tangan bergemuruh disertai sorot mata dan rona-rona takjub. Beberapa terdengar berdecak. Perempuan itu melanjutkan setelah suasana aula kembali tenang.

“Saya hanya anaknya bakul tempe, cuma penjaga toko mebel di Kroya… lha kok bisa-bisanya juara menulis dan dapat hadiah seratus juta. Artinya apa? Siapa pun bisa menulis! Menulis akan membuat siapa pun dirimu memiliki nilai plus…”

Begitulah salah satu sesi dalam workshop plus motivasi tentang kepenulisan yang digelar Fun Institute di SMP Negeri 1 Kemranjen. Salah satu sekolah menengah negeri yang terletak di Banyumas. Tepatnya bagi yang sering pulang kampung ke Jogja – Solo lewat jalur selatan, persis berada sekitar lima kilometer setelah perempatan Buntu. Sekitar 40 km dari Purwokerto arah ke selatan lalu ke timur. Melewati banyak tempat kuliner yang bikin ngiler dan pantang tak disinggahi. Nanti saya ceritakan sendiri soal kulinernya.

Kok bisa sampai ke sana, sih…

Ya bisa, kalau ada niat, ada kemauan, ada kerendahhatian. Kemana juga sampai. Namanya juga ikthiar.  Bagaimana memberi makna kepada setiap perjalanan. Tidak sekadar jalan, tidak sekadar pergi. Walau dalam sunyi, setiap perjalanan harus memiliki arti. Menggoreskan makna manfaat dari apa yang kita bisa lakukan.

Kembali ke SMP Negeri 1 Kemranjen…

kemranjen1 kemranjen2

Antusiasme itu mulai dari awal acara. Wajah-wajah cerah memberikan semangat bagi tim Fun Institute yang kali ini terdiri dari, Erawati H. Wardhani sebagai CEO Fun Institute, Fitri Isbandy, M.IKom, dosen yang setiap hari bergiat mengurusi Fun Institute, tamu istimewa yang luar biasa. Sahabat saya, Erin Cipta. “Anake bakul tempe…” begitu dia mengenalkan dirinya. Dan saya sebagai pelengkap penggembira…

Apa yang didapat dari mereka?

Setidaknya mereka kini terbuka lagi wawasannya tentang profesi di bidang kepenulisan. Mereka baru tahu, kalau ada profesi sebagai penulis pidato. Ternyata penulis pidato presiden itu orang hebat, ada Prof. Dr. Yusril Ihza Mahendra di zaman Presiden Soeharto, ada Eros Djarot yang menuliskan pidato Megawati, dll. Selain itu mereka dikenalkan profesi yang kental dengan penulisan, selain menjadi wartawan.

“Menjadi perensesi buku, peresensi film, dll… hobi yang menyenangkan dan bisa mendapat imbalan yang cukup baik,” kata saya.

Tentu banyak lagi profesi bidang kepenulisan dan keistimewaan orang-orang yang bisa menulis. Saya mengutip ungkapan Pramudya Ananta Toer yang terkenal itu, “Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.” Peserta workshop yang berusia belasan tahu itu fokus melihat slide berisi ungkapan ini. Saya hanya mengiringi dengan contoh orang-orang pintar yang menulis dan orang pintar yang tidak menulis.

Tak terasa, hampir tiga jam kami bercengkerama dengan teman-teman baru yang ajaib dari SMP Negeri 1 Kemranjen hari itu. Rasanya kurang, semoga yang sedikit itu mampu menjadi kunci yang membuka ruang-ruang baru. Betapa menulis akan mampu membuat orang lebih berarti. Dan semoga kami bisa punya banyak energi untuk melakukan perjalanan kecil yang mengasyikkan seperti ini…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s