SENGGANG

{Buku} Soeharto Nggak Bisa Bahasa Inggris?


pak harto

“Pak Harto nggak bisa bahasa Inggris.”

Itu salah satu ingatan yang ikut tumbuh dalam diri saya tentang sosok Presiden Soeharto. Tentu saya mendengar dari perbincangan orang dewasa di sekitar saya. Perdebatan itu seperti benar. Karena hampir setiap kesempatan berpidato di forum resmi, dihadiri banyak kepala negara lain, Pak Harto selalu berbahasa Indonesia. Anggapan itu semakin ‘tampak benar’ dan meyakinkan, manakala selalu ada seorang penerjemah dalam perbincangan Pak Harto dengan tamu pentingnya.

Berpuluh tahun kemudian, saya mulai tak yakin. “Mana mungkin Presiden tidak bisa bahasa Inggris.” Hingga sampailah informasi dari sebuah perbincangan ketika saya sudah besar, tidak mungkin seorang tentara dengan pangkat perwira tidak bisa berbahasa Inggris. Iya lah, mau sekolah pasca saja ada syarat TOEFL, masa para pemegang kendali terpenting negara nggak ada syarat bisa bahasa Inggris. Sangat tidak mungkin lah. Meski saya merasa Pak Harto bisa bahasa Inggris, tapi belum yakin juga, hehe…

Hingga akhirnya, saya membaca buku ‘Pak Harto, The Untold Stories’ (Penerbit GPU, 2012 – terbitan keempat, Mei 2013). Buku yang sangat tebal, 650-an halaman. Ada banyak cerita yang tak terekspos di sekitar Soeharto yang saya dapatkan klarifikasinya. Tentu dari ingatan, catatan, dan penuturan lebih dari seratus orang-orang yang mengenalnya dari dekat. Orang penting di zamannya, ada jenderal, mantan menteri, mantan tapol yang dipenjarakannya, ajudan, hingga teman mancing dan tukang potong rambutnya.

Termasuk dari penuturan Widodo Sutiyo, nama penerjemah yang sejak kecil saya penasaran namanya. “Siapa sih itu yang dahinya botak? Ikut-ikutan mulu…” Orang yang selama 30 tahun menjadi penerjemah Pak Harto, menjadi mata keenam dalam pertemuan empat mata kepala negara. Dari catatannya (hlm.473), dia menuliskan, “Sebenarnya pada berbagai kesempatan yang resmi atau setengah resmi, Pak Harto berbicara langsung dengan para tamu asing dengan menggunakan bahasa Inggris yang lancar…”

Nah, terjawab sudah pertanyaan yang saya simpan dari kecil. Dari berbagai perbincangan orang dewasa di sekitar saya dulu kala, kalau Pak Harto tidak bisa bahasa Inggris. Sekarang tinggal cari tahu, mengapa Pak Harto berbahasa Indonesia ketika berpidato dalam forum-forum internasonal?

Masih dari Widodo Sutiyo, orang yang wajahnya sangat familiar di tivi sepanjang saya tumbuh, lulusan Overseas American School, Roma itu menyebutkan. “… lebih dikarenakan kehendak beliau memperkenalkan bahasa Indonesia sebagai jati diri bangsa.” Pernyataan seperti ini tidak hanya diberikan oleh sang penerjemah, tetapi beberapa tokoh lain yang menuliskan ‘untold story’-nya di buku ini.

Setelah berpuluh tahun, pertanyaan dan rasa penasaran saya tentang Soeharto, satu persatu terjawab. Kali ini tentang ‘ketidakbisaannya berbahasa Inggris’, besok lagi mungkin saya akan menuliskan yang lain. Saya lahir dan tumbuh di masa Pak Harto. Saya lahir, dia sudah jadi presiden. Saya sekolah, kuliah, bekerja, dia masih presiden. Jadi wajar lah saya punya banyak pertanyaan tentang sosok satu ini.

Setidaknya, dari buku ini membuat saya terkonfirmasi beberapa hal yang ‘mungkin’ jadi pertanyaan banyak orang yang tumbuh di zaman Soeharto. Tidak hanya jadi pertanyaan, tapi juga rumor, isu, atau gosip yang panjang. Walau membaca buku semacam ini memang ‘agak riskan’. Karena seringkali kecenderungan kekaguman menggiring pada mengagungkan, menjadi kesaksian tidak objektif penulisnya. Idolistik.

… ini pesan daripada saya, ya… membaca selain meningkatken daripada pengetahuan, juga membuat saya semangkin paham, bahwasannya tidak ada daripada manusia yang sempurna…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s