FUN Institute, Story & History

Maha Segar Es Kelapa dengan Segala Isinya


Bang Nape1Tidak sulit mencari tukang es kelapa. Salah satu teman saya di Sumpiuh, Koh Iwan berjualan es kelapa selain warnet dan jasa pengiriman barang. Jadi enak lah, internetan, haus tinggal pesan es kelapa. Mau di gelas atau yang utuhan. Hmm… Di dekat rumah saya, bersebelahan dengan tukang vermak levis yang pernah saya ceritakan, ada juga tukang kelapa. Anton, asli dari Kuningan.

Es kelapa memang pilihan paling asoi untuk pelepas dahaga. Maka tidak mengherankan kalau antrian di tukang kelapa menjelang berbuka puasa akan panjang. Mungkin kalau ada lembaga survei yang kurang kerjaan bisa dilakukan risetnya, sehingga bisa dibuat perbandingan akurat sekian rumah dari sekian rumah pada bulan puasa tersedia es kelapa di meja makannya. Aih, iseng sekali ya…

Konon Indonesia pernah berjaya dengan produk kelapa. Namun semenjak masuknya kelapa sawit, produksi kelapa kalah pamor. Kopra tidak terlalu menarik dibanding kelapa sawit. Saya tidak tahu bagaimana hitungannya. Mungkin lebih cepat panen, meski kelapa memiliki usia sampai 60 tahun. Ya, zaman yang bergerak cepat menuntut semua tumbuh dan berproduksi lebih cepat.

es kelapa blog
Es The Gans, Koh Iwan milik teman saya di Jl. Raya Sumpiuh, kelewatan kalau mudik lewat jalur selatan…

Soal kelapa saya teringat juga waktu jadi anggota Pramuka. Dari siaga hingga penggalang. Filosofi tunas kelapa sebagai lambang gerakan Pramuka tuntas saya kuasai. Mengapa harus kelapa, aih… kalau sekarang sih, jawabannya karena produk turunannya banyak. Hehe, soalnya sudah harus berpikir ekonomis.

Dulu mungkin saya hanya bisa menjawab, “Kopra!” kalau ditanya tentang turunan produk turunan kelapa. Apalagi sering sekali menjadi pertanyaan di TTS, teka-teki silang baik di koran atau di buku TTS yang dijual tukang koran. Tapi sekarang saya ya bisa jawab banyak. Airnya, bisa buat minuman ber-ion. Bisa dalam kemasan kaleng, bisa dikemas botol plastik. Soal merk, silakan selera sendiri.

Bahkan ketika Fun Institute, learning center kepenulisan dan literasi yang saya kelola berulang tahun, salah satu sponsornya adalah produk olahan kelapa. Jenis produknya banyak, berbagai jeli dengan berbagai ukuran, bentuk, dan varian. Ada Jelly, Nata de Coco, Pudding, dll. Selain peserta lomba mewarnai mendapat hadiah dari Inaco, semua yang hadir juga dapat menikmati produk Nata Drink. Tentu saya berterimakasih banyak kepada Inaco. Harapannya bisa bekerjasama lagi di lain waktu dengan event Fun Institute yang beragam. inaco - rame2 blog

Menurut beberapa sumber, sementara ini di Indonesia yang memiliki beberapa sentra kelapa seperti di Pandeglang, Banten. Produk olahan kelapa baru sampai puluhan varian. Sementara di Filipina, produk turunan olahan kelapa sudah mencapai ratusan. Apalagi kelapa memiliki banyak manfaat. Airnya memiliki banyak khasiat, mengurangi dehidrasi, mengganti mineral dan cairan yang hilang setelah bekerja atau berolah raga. Menurut penelitian juga bisa menunda penuaan dini, mengandung anti oksidan, serta mengobati beberapa penyakit.

Dalam makna lainnya, kelapa adalah kesempurnaan dan keparipurnaan evolusi perintah Allah dalam kitab suci. Mengutip Kiai Muhammad Ainun Nadjib alias Cak Nun, bagaimana Allah menurunkan berbagai kitab kepada para nabi hingga sempurna menjadi Al-Quran bagi umat Nabi Muhammad SAW. Turunnya Taurat kepada Nabi Musa AS, Zabur kepada Nabi Daud AS, Injil kepada Nabi Isa AS hingga Al-Quran itu bertautan, berkesinambungan, tidak mungkin dipertentangkan dan dihadap-hadapkan. Cak Nun menggambarkan seperti bluluk, menjadi degan, lalu menjadi cengkir, hingga akhirnya kelapa. Tumbuh menyempurna.

Duh, jadi berat gini ya…

Saya cuma belajar dengan keyakinan kalimat yang pernah saya dengar, “Tidak ada ciptaan Allah yang sia-sia.” Maka dari kelapa, dari akar, batang sampai buahnya pasti tidak ada kesia-siaan. Kenapa lambang Pramuka juga tunas kelapa, tentu sinergi dengan pesan kemanfaatan. Saya merasa, pesan mendiang ibu kok seperti menjelma dalam sebuah kelapa. “Jadilah orang yang sebanyak-banyak bermafaat bagi orang lain…” Bahkan serabut kelapa, batoknya, masih ada gunanya…

Kelapa, es kelapa muda, memang penuh cerita. Selamat berpuasa…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s