FUN Institute

Kelas Berat


“Dari Cibubur berangkat jam tujuh,” sahut Mbak Hanny.

Ya, Cibubur itu jauh lho dari Kunciran. Dan tentu kehadiran teman-teman yang jauh itu membuat saya harus bertanggungjawab. Mereka tidak boleh pulang dengan harapan kosong dan rasa kecewa. Jarak jauh yang mereka tempuh, waktu yang telah mereka lewati, harus terbayar sempurna.

Selama tiga kali pertemuan, tiga hari minggu, Mbak Hanny yang pernah kuliah di negeri Ratu Elizabeth ini menjadi peserta paling rajin. Walau jauh, selalu datang lebih dulu. Saya belajar disiplin dan menghargai pentingnya waktu. Rupanya, Cibubur yang berada di ujung timur Jakarta, hanya perlu waktu satu jam lebih sedikit untuk sampai ke Fun Institiute yang berada di Kunciran. Ya Kunciran, yang kini namanya terpampang di papan petunjuk keluar tol setelah ‘rest area’ KM 13,5 tol Jakarta-Tangerang.

20150322_102726Ada Mimin, jurnalis yang juga turut bergabung di kelas fun writing. Sempat agar bingung di sekitaran Bintaro. Dari Bekasi yang jauh juga, Mimin selalu diantar sang suami. Hmm, so sweet. Beberapa peserta lain pada angkatan ini, cenderung masih di sekitar Tangerang. Walaupun kalau dilihat di peta, ya jauh juga.

Apa sebenarnya yang mereka cari…

Tanyalah pada mereka. Saya hanya menyediakan diri untuk sekadar share sedikit apa yang saya tahu. Apa yang pernah saya alami dan lakukan perihal tulis menulis. Selebihnya, saya lebih banyak belajar dari mereka yang datang.

Saya tidak mengajarkan apa-apa. Karena menulis adalah ketrampilan yang harus dilatih terus menerus oleh yang bersangkutan. Bahkan ada yang bilang, tidak ada orang yang bisa mengajari menulis. Yang ada hanyalah orang yang berbagi pengalaman tentang menulis. Ya, ya, ya…

Walaupun hanya di saung, sambil ketawa-ketiwi dan cemal-cemil. Sungguh, diskusi dan pembicaraan kami sangat serius. Bahkan kami sampai tak bisa menahan keseriusan itu, karena puncak keseriusan itu sering melahirkan kejenakaan yang membuat kami tertawa bersama-sama.

Salam dari saung…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s