FUN Institute

Saya dan FUN Institute


Tidak ada alasan dan argumen, bahwa saya ‘merasa bisa’ atau ‘paling bisa’. Apa yang saya lakukan dengan sadar, semata-mata hanya dalam rangka mengimplementasikan, “Itulah yang saya bisa, tidak seberapa, semoga yang segitu-gitunya ada manfaatnya…”

fi - pembangunan jayafun writing for kidsSemua kegiatan dan program yang dilakukan FUN Institute, dari awal ide hingga hari ini, semata-mata demi ‘kemanfaatan’. Saya tidak peduli berapa besarannya, mau sedikit, setengah, separuh, atau banyak. Intinya, ada manfaat yang bisa saya berikan. Minimal, saya bisa tertawa bersama, memberi penghiburan, walaupun sama sekali tidak ada niat melucu.

Setelah ‘menelantarkan’ atau tepatnya ‘mengurusi ala kadarnya’, saya memang berjanji dalam hati, “Suatu saat saya harus serius mengurus FUN Institute.” Karena sejak lahirnya, hanya diurus di akhir pekan saja. Sesuai dengan kesempatan yang saya miliki. Sehingga, jadilah kegiatan FUN Institute sangat sporadis, spontan, tidak terkelola seperti seharusnya.

FUN Institute dalam impian saya adalah sebuah ruang belajar yang sangat leluasa. Tentang apa saja, dari siapa saja. Belajar, mengajari, saling belajar. Begitulah. Saya hanya bisa mengajarkan menulis, maka itulah yang saat ini saya lakukan. Saya yakin sekali, tetamu yang datang ke FUN Institute memiliki potensi dan keahlian lain. Nah dari mereka saya belajar, teman-teman yang lain belajar.

Buat saya yang ‘terpelihara’ kebodohannya, tentu harus terus belajar. Buat saya yang terbatas ‘bahan bakar’-nya untuk belajar formal, berbiaya tidak sedikit, memakan waktu yang banyak, tentu saya harus bisa memilih belajar yang efektif, murah, dan tak perlu formal-formalan. Dari pikiran yang sesederhana itulah, saya menempatkan semua orang dan tetamu yang datang ke FUN Institute adalah guru. Mereka membawa ‘ilmu’ yang harus saya dan teman-teman lain sesap dan serap.

Demikianlah, hingga hari ini, FUN Institute masih berkhidmat pada bagaimana menjadikan kemanfaatan itu menganak pinak dengan berbagi. Tentu banyak yang lebih ahli dalam bidang yang saya geluti, pasti sekali banyak yang lebih ‘ngilmiah’ dan pengalaman yang menjurai jika dituliskan dalam portofolio. Saya menghormati, saya mengapresiasi, dan saya masih terus belajar.

Satu kekuatan, daya yang menggerakkan dan membuat saya berani melakukan ini semua adalah pesan mendiang ibunda saya. Tidak perlulah saya ceritakan seberapa agung dan mulianya beliau buat saya. Untuk almarhumah ibunda saya, semua ini saya lakukan dan persembahkan. “Jangan lelah berbuat baik, jadilah orang yang bermanfaat dengan ilmu dan kebisaanmu. Seberapapun itu…”

Harapan saya, menjelang tiga tahun keberadaannya, dengan iktikad baru dan daya yang senantiasa diperbarui, FUN Institute kian membawa kemanfaatan dengan konsisten.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s