Story & History

Presiden Tua


Saya suka bingung, kalau ada orang yang usianya sudah uzur masih saja keukeuh ingin menjadi bupati, walikota, gubernur, presiden atau wakilnya. Padahal kayaknya masa tua itu indah banget kalau dinikmati bareng keluarga. Sama anak, menantu, cucu-cucu. Kan sudah cukup masa muda dan umur produktifnya untuk jungkir balik, nyari duit, nyari kedudukan, eksis di pemerintahan, legislatif, atau apa saja lah.

Saya tidak sedang ngomongin salah satu kandidat cawapres dalam kontestasi pilpres. Kalau Pak JK alias Jusuf Kala sekarang usianya 72 tahun dan ikut kompetisi copres-capres itu haknya sebagai warga negara, seperti yang diucapkannya di tivi. Tentu ditambah pengalamannya yang banyak, amunisi duitnya cukup, dan modal integritas. Orang yang memikirkan mengurus negara, tentu sudah selesai dengan dirinya sendiri.

Robert Mugabe

Di dunia ini, banyak juga presiden atau wapresnya tua. Dulu Obama (46) memilih Joe Bidden yang selisih hampir 20 tahun darinya. Presiden Zimbabwe Robert Mugabe, saat ini adalah presiden paling tua di dunia. Sebenarnya dia sudah lama menjadi presiden. Sejak Zimbabwe merdeka dari Inggris tahun 1980. Jadi sampai sekarang dia sudah menjabat jadi presiden selama 34 tahun. Wuih, nyalip Pak Harto ya…

Tahun ini, Robert Mugabe berusia 90 tahun! Hmm, belum lama dia merayakan ulang tahunnya di Singapura. Kok jauh banget ya, hehe. Soalnya, sekalian check up kesehatannya. Karena ini masalah politik, kesehatan presiden atau kepala negara itu penting banget. Karena kalau ada kabar tidak baik tentang kesehatan seorang presiden, imbasnya banyak. Selain ketidakstabilan pasar modal dan ketidakstabilan negara, rembetannya bisa ricuh masalah lainnya.

Konon kabar kondisi kesehatan Robert Mugabe dikemas sedemikian rupa, agar tidak menimbulkan keresahan nasional di Zimbabwe. Logika sederhananya, usia 90-an pasti sudah mengalami beberapa penurunan fungsi kerja tubuh. Jadi walaupun penasihat Mugabe mengatakan suami ibu negara Grace itu baik-baik saja, banyak pihak yang meragukannya.

Mugabe memerintah Zimbabwe untuk kelima kalinya. Partainya memenangi pemilu yang digelar pertengahan tahun lalu. Dia akan memerintah negara beribukota Harare itu lima tahun ke depan. Dan kalau umurnya panjang, selesai masa jabatannya dia akan berusia 94 tahun.

ronald reagan
Ronald Reagan

Saya tidak tahu banyak tentang kesehatan. Selayaknya orang awam saja. Bagaimana orang-orang mulai pikun ketika menjelang tua, lemah daya ingatnya, dan berkurang fungsi pandang dengarnya. Karena kakek saya, ketika umurnya 70-an juga masih sehat, bugar. Tapi matanya kurang jelas melihat, pendengarannya juga berkurang. Bikin cucu-cucunya serba salah. Mau ngomong keras nanti dikira membentak, eh ngomong biasa, apalagi bisik-bisik malah diprasangkai sedang ngomongin dia. Tapi dia kan orang kampung, bukan presiden yang makan penuh gizi dan kesehatannya terjaga. Hehe…

Ingat Ronald Reagan? Presiden Amerika Serikat yang ganteng, bekas bintang film pengganti Jimmy Carter. Ya, Reagan juga termasuk presiden yang cukup tua ketika memulai memimpin negara adidaya itu. Reagan saat dilantik jadi presiden berusia 70 tahun. Dia lahir 6 Februari 1911 dan menjadi presiden AS untuk periode 1981-1989 (masa jabatan presiden di AS empat tahun, Reagan terpilih untuk dua periode). Reagan yang mantan Gubernur California itu, meninggal pada usia 93 tahun.

nelson-mandela
Nelson Mandela

Satu lagi, ketika Nelson Mandela naik kuasa menjadi Presiden Afrika Selatan tahun 1994 usianya sudah hampir 76 tahun. Dia memimpin Afrika Selatan sampai 1999 dan meninggal belum lama ini dalam usia 95 tahun. Perjuangannya dan sikap anti-kolonial dan anti-apartheidnya membuat Mandela hidup di penjara hampir seperempat abad. Namun dunia mengakui perjuangannya, Mandela adalah peraih Nobel Perdamaian tahun 1993.

Umur memang Tuhan yang tahu, dan menjadi presiden juga suratan takdir. Sejarah menuliskan, kedudukan puncak itu diraih dengan jalan berliku, penuh pengorbanan, dan dekat penderitaan. Perih dan pedih, berdarah-darah, dan dekat dngank penghinaan serta fitnah. Jadi presiden, nggak modal otot dan ngotot saja, harus didukung kemampuan finansial cukup, punya kapabilitas memadai, siap miskin, siap menderita. Soal usia, ya kembali lagi, kalau suratannya jadi presiden ya jadi. Sebagai rakyat ya, nunggu pilpres saja nanti. Hehe…

#dari berbagai sumber – sumber foto internet

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s