Story & History

Presiden Poligami


Sore itu teman saya di luar kota mengajak ngobrol ngaco-ngacoan soal presiden lewat telepon sambil kangen-kangenan. Namanya juga obrolan sore, menjelang pulang kerja, sambil menikmati teh atau kopi. Tentu topiknya ngelantur ke mana-mana, tidak terduga.

“Coba, siapa presiden di dunia ini yang istrinya banyak,” tanyanya.
“Soekarno, istrinya sembilan,” saya langsung jawab. Teman saya langsung menguji saya, dengan “Coba sebut!” Saya dan teman tertawa berderai-derai.

Presiden Soekarno

Setahu saya memang Soekarno, presiden pertama Indonesia memiliki sembilan istri. Memang tidak sekaligus. Masa belajarnya di Surabaya ketika masih kos di rumah HOS Cokroaminoto, Soekarno meminang putri dari pendiri Sarekat Islam itu. Siti Oetari Cokroaminoto dinikahi Soekarno tahun 1921-1923. Lalu periode kuliah di Bandung, Soekarno menikahi Inggit Garnasih. Hingga menemani di berbagai pembuangannya pada masa pergerakan sebelum proklamasi. Menjelang proklamasi ia menyunting Fatmawati, ibu dari Guntur, Megawati, Sukmawati, Rachmawati, dan Guruh.

Dewi Soekarno – Salah satu istri Presiden Soekarno asal Jepang

Saya pernah baca tentang hal ini. Selain saya juga membaca dari buku-buku sejarah sebelumnya. Setelahnya ada Hartini, Kartini Manoppo, Ratna Sari Dewi dari Jepang, Haryati, Yurike Sanger, dan terakhir Heldy Djafar yang dinikahi ketika sang proklamator itu sudah diasingkan pada akhir-akhir kekuasaannya di Wisma Yaso, Jakarta.

Mendadak juga saya iseng, melayout ulang silsilah pernikahan Soekarno dari sebuah majalah. Soalnya nggak punya scanner mau ke rental malas. Mendadak juga saya terusik, mencoba cari tahu presiden yang poligami lainnya. Pasti Soekarno bukan satu-satunya. Kepada mbah gugel saya mencari tahu. Melengkapi informasi, tidak ada ruginya.

silsilah pernikahan sukarno1Benar juga saya mendapati informasi itu…

Presiden Zuma dengan tiga istrinya

Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma juga beristri lebih dari satu. Tahun 1973, Zuma menikahi Sizakele Khumalo. Kemudian menikahi Nompumelelo Ntuli (2008). Dua istrinya sudah tidak bersamanya. Kate Mantsho Zuma meninggal karena bunuh diri tahun 2000. Nkosazana Dlamini-Zuma, yang menjabat Menteri Dalam Negeri Afrika Selatan bercerai. Terakhir bernama Tobeka Madiba. Keren nih, Zuma dalam tugas kenegaraannya didampingi tiga istrinya. Pasti tunjangan buat mereka lumayan yah, hehe.. Eh, belum lama ini, Zuma juga menikahi Gloria Bongi Ngema. Ruwet tuh protokoler kepresidenan Afrika Selatan kali ya…

Mungkin ada lagi, tapi cukuplah. Kalau saya cerita tentang Raja Saud dan penerusnya dari Arab Saudi pasti seru. Puluhan istri, ratusan anak. Tapi itu kan raja, konteks pembicaraan saya dengan teman saya itu presiden. Kalau raja ya, nanti saja saya tuliskan lagi di lain waktu. Termasuk menuliskan presiden yang selingkuh, punya istri muda, atau terlibat skandal dengan perempuan. Kayaknya asyik tuh.

Wakil Presiden Hamzah Haz

Berani terbuka, tidak ditutup-tutupi, membuat saya salut sama dua presiden itu. Gentleman lah. Bukan karena saya laki-laki, tapi begitu banyak cerita pemimpin yang tak berani, pengecut, dan tak jujur pada publik tentang keluarganya, silsilah keluarganya, dan latar belakang serta riwayat perkawinannya. Publik hanya disuguhi rumor-rumor, isu, cerita dari mulut ke mulut yang sulit dipertanggungjawabkan. Padahal sebagai pejabat publik, risikonya ya apa pun informasi tentang dirinya boleh dijangkau publik. Toh, suatu ketika diketahui juga. Ada momentum yang menegaskan apa yang sudah jadi rahasia umum, “Oh, itu anak dari istri mudanya,” atau “Ternyata benar, istrinya di mana-mana.”

Eh, jangan lupa juga, waktu presidennya Megawati kita pernah punya wakil presiden Pak Hamzah Haz lho. Dia juga poligami. Sebelum itu ada Sri Sultan Hamengkubowono IX, wakil presiden zaman Presiden Soeharto yang pertamai. HB IX poligami juga. Tapi kan dia Raja Ngayogyakarta Hadiningrat juga, hehe… Jadi kalau Rhoma Irama mau jadi presiden, gimana? Kan dia poligami? Ya silakan saja. Soal istrinya banyak, sejarah Indonesia juga sudah bicara kalau Soekarno istrinya sembilan. Kalaupun Prabowo jadi presiden tanpa first lady sementara ini ya nggak papa juga, hehe. Toh, tetap saja, jodoh itu hak Tuhan. Tanpa izinnya apa pun tak terjadi. Jangankan soal jodoh, daun jatuh dari tangkainya pun atas kehendak dan izin-Nya.

Santai aja…

* foto dari berbagai sumber di internet

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s