Story & History

Presiden Korup!


Kebetulan saja saya beberes ruang sebelah yang isinya buku-buku dan majalah jadul. Eh ketemu majalah Tempo edisi 30 September 2007, buka-buka ada tulisan tentang para presiden di dunia yang korupsinya dahsyat minta ampun versi PBB dan Bank Dunia!

Silakan bangga atau miris. Karena mantan Presiden Indonesia, Soeharto menempati tempat teratas alias rengking satu. Di majalah itu, korupsi Soeharto ditulis US 15-35 miliar dollar. Walaupun kasus korupsinya hingga penguasa orba itu meninggal di RS Pusat Pertamina, pengadilan belum memutuskannya.

Ferdinand Marcos

Urutan kedua di kelas ini adalah Ferdinand Marcos, mantan Presiden Filipina. Pasti bukan karena dekat dan tetangga sehingga suami Imelda yang mengoleksi sekitar 3000 pasang sepatu, walau baru disita 1220 pasang, 500 gaun, dan 300 kutang itu sukses menyontek bagaimana korupsi yang baik dan benar, hehe. Ada US 5-10 miliar dolar uang negara yang dikeruk Marcos.

Rupanya, penerusnya Joseph Estrada juga piawai korupsi. Walau hanya memimpin Filipina 1998-2001, dia berhasil menggelapkan pajak US 80 juta dollar dari para gembong judi. Hadeuh, ya gimana lagi. Estrada disinyalir sering membuat keputusan politik saat sedang mabuk. Ampun dah…

Mobutu Sese Seko

Urutan ketiga adalah Mobutu Sese Seko. Siapa tuh? Pemimpin diktator dari Zaire. Uang yang berhasil dikorup adalah US 2-5 miliar dolar. Menjadi presiden dengan cara kudeta, turun pun dikudeta, dan meninggal karena kanker prostat.

Berikutnya masih dari benua Afrika, ada nama Sani Abacha. Ya mantan pengusaha yang menjadi Presiden Nigeria. Dengan berbagai caranya, dia berhasil mencuri uang negara dan menyimpannya di belasan bank di Swiss. Total jenderal Abacha dalam masa kuasa 1993-1998 menilap uang rakyat US 2-5 miliar dolar. Mantappp…

Renking kelima sampai kesepuluh adalah Slobodan Milosevic, Presiden Serbia yang ngembat uang rakyat sampai US 1 miliar dollar. Disusul Jean Claude Duvalier, penguasa Haiti yang cukup lama 1971-1986. Menurut hitungan PBB dia mencuri uang negara antara US 300-800 juta dolar. Selanjutnya Alberto Fujimori, imigran Jepang yang jadi Presiden Peru. Dia berhasil mengeruk uang negara sebanyak US 600 juta dollar.

Perdana Menteri Ukraina Plavo Lazarenko juga termasuk pencuri uang negara selain memerintah dengan tangan penuh darah. Uang sebanyak US 114-200 juta dollar berhasil diembatnya. Dari belahan benua lain, ada Presiden Nikaragua, Arnold Aleman yang berkuasa tahun 1997-2002 yang mengkorup uang negara sejumlah US 100 juta dollar. Hmm, di ururtan terakhir ya sudah saya sebut di atas tadi. Joseph Estrada, bintang film yang menjadi Presiden Filipina.

Joseph Estrada

Saya hanya menulis ini dari kebetulan yang pas. Beberes buku, ketemu majalah Tempo lama, eh ada berita presiden korup pas mau pilihan presiden. Beruntunglah saya, walau tidak semua majalah lama saya koleksi. Tapi dari sedikit yang ada, saya bisa belajar sejarah. Bahwa kekuasaan memang dekat sekali dengan korupsi. Dengan dalih dan cara apa pun.
Mental miskin itu ya, tak kenyang-kenyang dengan yang dimakan, tak kunjung puas dengan yang dimiliki. Seperti orang kelaparan dilepas di sebuah pesta, semua makanan hendak disantapnya, takut tidak kebagian, takut kehabisan. Hmm, jangan-jangan dalam hal-hal tertentu, mental ini menjelma dalam diri kita juga, hehe…

 

*sumber tulisan Tempo edisi 30 September 2007, sumber foto internet

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s