Story & History

Presiden Miskin


Saya tidak akan menulis keberpihakan pada calon presiden mana pun besok di pemilihan presiden. Saya hanya ingin menuliskan, mungkin juga sudah sering ditulis oleh orang lain tentang presiden-presiden di dunia yang menurut saya ajaib. Hehe…

Semua presiden pasti akan melakukan pemberantasan kemiskinan. Karena kemiskinan adalah musuh negara di belahan dunia mana pun. Kalau bicara rakyat miskin ya sudah biasa. Tapi kalau bicara tentang presiden miskin gimana?

Salah satunya adalah Presiden Uruguay, Jose Mujica. Dilantik menjadi presiden pada 2010 lalu. Politisi berusia 77 tahun ini mendapat gelar presiden termiskin di dunia. Kok bisa, apa sebabnya?

Karena José Alberto Mujica Cordano, begitu nama lengkap sang presiden Uruguay ini. Mendonasikan 90 persen gajinya setiap bulan, yaitu 12.000 dollar AS atau hampir Rp 120 juta, untuk berbagai kegiatan amal.

Tidak hanya itu, dia juga menolak tinggal di kediaman resmi kepresidenan. Sang presiden lebih memilih tinggal di tanah pertaniannya di luar di ibu kota Uruguay, Montevideo. Jangan harap ada lapisan pengamanan kepresidenan dari pasukan elit, dia hanya dijaga dua polisi dan anjingnya yang hanya memiliki tiga kaki bernama Manuela. Saking udiknya jalan menuju kediaman Mujica belum dilapisi aspal.

Jose Mujica hanya menerima sisa gaji yang telah didonasikan kepada rakyat miskin sekitar 800 ribu per bulan. Tapi buatnya, ini masalah pilihan. Walaupun dia disebut sebagai presiden termiskin di dunia, baginya tidak menjadi masalah. Dia memiliki definisi dan filosofi sendiri tentang pilihannya itu.

PrezzoPoor “Orang miskin adalah mereka yang bekerja hanya untuk menjaga gaya hidup mewahnya dan selalu menginginkan lebih.”

Hmm, ya…

Hidup adalah pilihan. Menjadi presiden juga pilihan. Dan ketika Tuhan hamparkan sedemikian banyak yang bisa diambil, bahkan boleh diambil semuanya, tapi seseorang itu hanya mengambil secukupnya, sungguh saya tidak bisa bilang. Jenis manusia apa yang seperti ini.

Terlepas dari apa pun latar belakangnya, buat saya Jose Mujica adalah anomali. Ada yang bisa dicontoh. Karena saya lebih banyak melihat orang-orang rakus, tidak cukup dengan yang dihamparkan oleh Tuhan untuknya, tapi masih menggarong, merampas, dan mencuri milik orang lain. Saya tidak mengerti, apa isi otak mereka, terbuat dari apa hati nuraninya. Hmm, saya tidak mengerti juga kenapa ada model orang seperti itu. Atau jangan-jangan virusnya sudah mulai menjangkiti kita. Naudzubillaahi mindzalik…

Iklan

2 tanggapan untuk “Presiden Miskin”

  1. tulisannya selalu inspiratif, dengan berbagai gaya. nyantai, serius.. tetap selalu ada isinya yang bisa diambil. kalau bilang keren, sudah biasa.. suka sekali lah..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s