Sudut Pandang

Jadi Model Cover Buku


Gini-gini saya pernah lho jadi model cover buku… Alhamdulillah bukunya juga laku. Ya, kalau boleh bilang, walaupun hanya setor mata saja, ada unsur hokinya, hehe….

Ceritanya waktu saya masih kerja jadi editor di Lingkar Pena Publishing. Film Ayat-ayat Cinta booming bukan main. Dari celetukan antarkubikel, muncul ide bikin plesetannya. Lalu bagi-bagi tugas deh, semua kebagian kerjaan, dari CEO yang minta izin Kang Abik, lalu editor senior beralih jadi fotografer, saya mengontak beberapa penulis senior untuk urun naskah, beberapa awak lain, jadi model cover. Sisanya, menjadi seksi sibuk menyiapkan perangkat hingga membuatkan minum.

Ada ide, diskusi sebentar, bagi tugas, eksekusi. Cara kerja cepat yang menyenangkan. Hasilnya, bukan lagi kerja main-main, tapi kerja serius. Termasuk menggarap covernya.

Semula saya bukanlah bagian dari casting model cover. Tapi keadaan mendesak, tak ada model lain, saya pun mau tidak mau, jadilah model terakhir yang difoto. Pemotretan saya rasanya paling seru, dari mulai pinjem sarung, sampai cari masker di bagasi motor. Haiyah… Jadilah begini ini…

model1

Satu saja sampelnya, karena modelnya ganjen. Jadi banyak frame rusak 🙂

model3

Ini setelah diolah photoshop. Hiks, tahi lalatnya mengecil…

ayat_amat_cinta

Nah, ini hasil akhirnya. Rasanya, cukup sekali saja jadi model sampul buku deh… 🙂

model4

Sekarang tinggal dicocokkan saja, tiga dari orang ini adalah model dari cover buku itu, hehe…

karipap-karipap cinta

Eh, ternyata ketika saya berkesempatan ke Kuala Lumpur International Book Fair 2010, ada juga yang tertarik ngikutin, hehe. Judulnya Karipap-Karipap Cinta, waktu itu saya sempat diberi sampel bukunya oleh penerbit PTS Kuala Lumpur.  Cuma saya lupa, naruhnya di mana.

Ternyata ‘memlesetkan’ juga harus berpikir dan dikerjakan dengan kesungguhan. Memelesetkan juga bentuk kreativitas, walaupun ada yang mengatakan itu tidak kreatif, membebek, numpang beken atau beberapa istilah lainnya. Saya hanya ingin berbagi cerita saya, sebagian dari hasil penjualan buku ini disumbangkan untuk korban bencana, makanya disebut Antologi Kasih. Kedua saya ingin bilang ternyata orang jelek kayak saya bisa juga jadi model…

Iklan

4 tanggapan untuk “Jadi Model Cover Buku”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s