Sudut Pandang

Fakta Menarik Arief, Generasi Walikota Muda


cerita kotakuBagaimana rasanya lima kali gagal dilantik? Dalam sejarah penyelenggaraan pemerintahan di Indonesia, mungkin hanya Walikota Tangerang terpilih Arief Wismansyah yang mengalami. “Sudah kebal,” katanya kepada pers, ketika ditanya kalau pada akhirnya kabar pengukuhannya sebagai pemenang pilwakot 2013 gagal lagi.

Pemilihan walikota Tangerang memang sempat terasa riweuh dari awal.

pelantikan walikota - vivanewsPasangan Arief dan Sachrudin sempat terlempar dari arena laga pilkada karena masalah administratif, beda tafsir di KPU Kota Tangerang. Sehingga, penyelenggara pilkada adalah KPU Provinsi Banten. Semua anggota komisioner tingkat kota, dinonaktifkan. Fakta menarik di pilkada Kota Tangerang.

Setelah melewati berbagai keruwetan yang sangat politis, hehe, saya sih menikmatinya sambil ngopi saja. Wong saya cuma pemilih. Akhirnya muncullah lima calon pasangan walikota. Hari coblosan tiba, saya tidak bilang lah, saya nyoblos gambarnya siapa.

Persoalan tidak selesai. Walaupun Arief – Sachrudin unggul, pesaingnya menggugat ke Mahkamah Konstitusi. Ndilalahnya, pas lagi ontran-ontran Ketua MK si Akil Muchtar ditangkap KPK. Ini fakta kedua, betapa menariknya drama pilkada kota tempat tinggal saya ini. Hingga muncullah keputusan MK, mengukuhkan pasangan ini sah memenangkan pilkada. Saya tidak perlu cerita bagaimana reaksi terhadap putusan ini, yang lahir pada saat MK berada dalam nadirnya.

Nah, tinggallah hari pelantikannya…

pelantikan walikota -  si doel vivanewsNdilalah lagi, menjelang hari-hari pelantikan, sang gubernur lagi mumet. Ratu Atut Chosiyah, Gubernur Banten sedang banyak urusan, setelah adiknya Wawan tertangkap KPK. Sehingga beberapa kali batal rencana pelantikan itu. Yang paling parah adalah ketika rencana keempat, semua undangan sudah datang, meja dan hidangan prasmanan sudah siap, sorenya sebelumnya Sekda masih meyakini, Atut bakal datang melantik Arief. Tapi apa dikata, pagi hari ketika semuanya siap, Atut tidak bisa datang karena atit (sakit).

Fakta menariknya adalah, Atut sudah menyandang status tersangka, dan malamnya KPK menggeledah rumahnya. Hehe… dramatis. Kalaupun jadi, ya nggak enak banget beritanya, Walikota Tangerang dilantik gubernur yang tersangka.

Akhirnya, Arief – Sachrudin walikota Tangerang terpilih 2013-2018 pun dilantik oleh Wakil Gubernur Banten Rano Karno setelah Atut mengembalikan mandat kepada presiden. Dan presiden menginstruksikan Si Doel sebagai Wagub Banten untuk melantik. Hehe… ini juga fakta menarik, mungkin baru sekali ini, wakil gubernur melantik walikota.

Siapa Arief Wismansyah?

masjid al azhamDia adalah wakil walikota periode sebelumnya berpasangan dengan Wahidin Halim. Merupakan salah satu walikota termuda saat ini. Melengkapi barisan anak-anak muda yang masuk ke ranah politik dan pemerintahan tingkat kota dan kabupaten. Tren yang sedang berlangsung, dan ini tentu menarik. Ada Bima Arya Sugiarto, pengamat politik, akademisi yang kemudian menjadi politisi PAN, dan menjadi Walikota Bogor. Tentu Kang Emil atau Ridwan Kamil, Walikota Bandung yang gaul pisan euy, tapi serius banget ngurusin kotanya.

Rata-rata mereka adalah pemimpin muda yang lahir setelah tahun 70-an. Memiliki pendidikan baik, hampir semuanya mengenyam pendidikan di luar negeri. Berasal dari kelas menengah, sudah mapan, dan sudah memiliki prestasi. Siapa tak kenal Bima Arya sebagai akademisi dan peneliti yang berintegritas serta kritis yang doktoralnya di Australia. Begitu juga Ridwan Kamil, akademisi dan praktisi arsitektural dengan karya mendunia, yang menempuh pendidikannya di Amerika Serikat.

Arief yang lahir  di Tangerang, 23 April 1977 pun memiliki pengalaman terlibat dalam pemerintahan yang penuh prestasi bersama walikota sebelumnya. Meraih banyak penghargaan seperti Adipura. Selain memiliki kemampuan managerial sebagai pengusaha rumah sakit yang cukup berhasil dalam usia yang sangat muda. Berasal dari keluarga kelas menengah yang menempuh pendidikan di negaranya Obama dengan mengambil studi engineering management di Western Michigan University. Ini adalah fakta menarik lain, bahwa walikota Tangerang salah satu dari beberapa walikota di Indonesia produk pendidikan luar nagri

2420_adipuraTugas pemimpin adalah memberikan harapan…

Dengan realitas maraknya mental korup di berbagai lini, sudah seharusnya para pemimpin muda, menumbuhkan optimisme bagi masyarakat yang dipimpinnya. Harapan akan kesejahteraan bersama. Harapan pada perbaikan itu nyata, bukan cuma kata-kata yang pecah ditelan angin. Perubahan itu bisa dijamah, dilihat, dan diukur. Zaman sudah berubah, masyarakat sudah cerdas, teknologi komunikasi sudah canggih. Mental pat gulipat, serakah, dan tamak, awal dari runtuhnya kepercayaan masyarakat. Sekali lancung melipat anggaran, tak segan langkah menuju pesakitan di akhir jabatan.

Hanya pemimpin yang tulus, apa pun gaya memimpinnya, maka dia akan lulus…

*sumber foto; vivanews dan kotatangerang.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s