SENGGANG

{Buku} Ngeblog dengan Hati


Buku ini saya beli telat sekali, terbit 2009, baru saya beli dan baca beberapa hari lalu. Penulisnya, blogger senior ndorokakung, salah satu yang blognya saya kunjungi diam-diam, twitternya saya follow, dan saya nikmati tulisan-tulisannya.

nge-blog-dengan-hati1Buku ini kecil, tidak hanya bicara bagaimana ngeblog dengan segala perangkatnya dan seluk beluknya. Seperti tentang blog hosting, mencari uang lewat blog, bagaimana blog ramai pengunjunng. Tapi juga bicara tentang kode etik dan yang sedang happening di dunia blogging.

Saya meyakini, buku ini enak dibaca karena, pertama penulisnya paham betul dengan yang ditulisnya, kedua penulisnya tahu betul bagaimana mesti menuliskannya. Renyah, ringan, dan menjelaskan. Saya percaya, inilah manfaat ngeblog, mematangkan tulisan, dan mudah menemukan angel atau sudut pandang yang menarik, plus pembuka yang memikat. Selain saya tahu, Ndoro Kakung juga seorang jurnalis yang sebagian waktunya pasti ‘harus’ menulis.

Dalam Ngeblog dengan Hati, terbitan Gagas, 2009 ini penulisnya tidak hanya ‘ngajari’ ngeblog dengan baik dan benar. Tapi satu hal, seperti dengan judulnya, ngeblog dengan hati, termasuk ngeblog dengan hati-hati.

Nglebog dengan hati, artinya kita harus bisa mengendalikan diri, agar tetap sabar berproses. Bersegera itu baik, tapi terburu-buru tidak terlalu baik. Kira-kira begitu saya menerjemahkannya. Ngeblog itu ya, rileks saja, pada suatu ketika pasti sampai tujuannya. Yang penting berbagilah, berbagi kebaikan. Informasi yang baik, kabar baik, dan hal-hal baik yang memperbaiki.

Lalu ngeblog dengan hati-hati, itu saya simpulkan dari beberapa tentang kode etik sampai berbagai efek yang mungkin timbul dalam ranah maya. Seperti halnya wilayah interaksi lainnya, ngeblog juga ada rambu-rambunya.

Kalau saya baru baca, baru membelinya, tidak terlalu kecewa, justru merasa beruntung. Ketika saya baru belajar ngeblog, ketemu buku baik dengan isi yang baik. Sehingga saya bisa memperbaiki cara ngeblog saya yang amatiran, meluruskan niat ngeblog saya, dan tentu saja memberi semangat. Benar-benar buku yang baik dari orang yang baik dan ditulis dengan baik…

Iklan