SENGGANG

{Buku} Guru Menulis


Selepas taraweh, saya mencari buku untuk keperluan referensi. Satu persatu saya eja deretan buku di lemari. Memilih satu persatu judulnya, menyentuhnya, mengelusnya dengan kepala kadang dimiringkan ke kiri. Demi membaca judulnya. Hal yang sangat menyenangkan. Meskipun saya buka seorang ‘pembaca’, saya mudah jatuh cinta pada buku.

Tidak banyak koleksi buku di lemari tempat biasa saya bekerja. Lemari buku yang berfungsi juga sebagai penyekat dengan ruang sebelahnya. Ruang yang selalu riuh dengan suara televisi yang entah berapa saluran siar saat ini. Jadi walaupun bersebelah, heningnya buku, tak terlalu sepi karena tivi menyala hampir tanpa henti.

menjadi guru - hernowoBuku yang saya cari belum ketemu, saya ketemu dengan satu buku yang membuat saya menariknya. Hmm, buku dengan ukuran tidak biasa. Lazimnya, ukuran buku itu A5 atau 13,5 cm x 20,5. Tapi buku ini lebih lebar, walau hanya sekitar seratus halaman. Tipis, dengan sampul ilustrasi kartun, seseorang sedang mengetik di antara tumpukan buku yang tinggi. Salah satu buku karangan Hernowo, penulis yang saya sangat hormati.

Menjadi Guru yang Mau dan Mampu Membuat Buku

Begitu judulnya. Buku lama terbitan MLC, Mizan Learning Center, salah satu lini dari penerbit besar di Bandung yang konsen menerbitkan buku-buku  praktis yang memandu pembaca untuk memiliki berbagai skill. Beberapa judul saya mengoleksinya. Termasuk buku paling fenomenal karya Mas Hernowo, Mengikat Makna – Kiat-kiat Ampuh untuk Melejitkan Kemauan dan Kemampuan Membaca dan Menulis Buku serta Andai Buku itu Sepotong Pizza – Rangsangan Baru untuk Melejitkan ‘Word Smart”.

Menurut Hernowo, buku yang baik itu buku yang bergizi. Yaitu buku yang mampu memberi semangat kepada pembacanya untuk membaca buku lagi dan lagi. Disebutkan oleh buku ini, ciri buku bergizi antara lain ketrampilan penulisnya, baik dalam pembacaannya maupun penulisannya. Harus ada yang menggugah selera, minimal satu hal untuk merangsang membacanya. Dan buku itu menuliskan banyak teks yang ‘memberdayakan’ pembacanya.

Saya sudah membaca buku ini lama sekali. Karena ini memang buku lama. Saya tidak tahu apakah MLC-nya juga masih menerbitkan buku-buku serupa ini. Buku-buku bergizi yang diasuh langsung oleh Hernowo sebagai direkturnya. Saya selesaikan semalam, tidak terlalu lama. Karena memang buku ini tipis saja, dengan halaman kanan kiri yang sama. Ada ilustrasi di setiap recto-nya, lalu teks di verso-nya.

Bukan hanya melahapnya dengan cepat, mungkin inilah yang disebut buku bergizi. Saya mencatat beberapa hal penting, saya merasa digerakkan. Bahwa seperti dituliskan Hernowo, output dari membaca, seseorang seharusnya menulis. Buku ini tidak hanya menyodorkan paradigma ‘membaca’ yang baru. Tapi buku ini juga memberi ‘gizi’ bagi pembacanya untuk melakukan sesuatu segera.

Berkaitan dengan aktivitas baru saya, mengajar untuk beberapa sekolah. Buku ini semakin meyakinkan saya untuk menjadi guru yang menulis. Dan mengajak guru lain menulis. Dalam pikiran saya, memutar-mutar bagaimana “Guru Menulis” menjadi sebuah gerak. Gerakan yang lebih massif, lebih massal. Saya tahu, sudah ada gerakan seperti ini dalam berbagai komunitas dan kapasitas jangkauannya.

Di Jakarta ada TWG – Teacher Working Group yang digawangi sahabat dan guru saya, Herry Nurdi. Penulis buku-buku laris dan aktivis dakwah. Sependek pengetahuan saya, gerakannya telah meluas hingga ke kota-kota luar Jakarta. Mungkin ada lagi gerakan serupa dengan nama berbeda dan skala yang rupa-rupa. Menjadi guru yang menulis, sungguh terus menggoda saya. Setidaknya, saya ingin mewujudkannya sebagai pemula. Saya ingin jadi guru yang menulis, meskipun saya bukan ‘guru’ sungguhan…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s