FUN Institute

Cerita Dua dari Holiday Class #2


“Asyiik…”

“Gokiiiil…”

Itu yang keluar dari peserta program menulis Holiday Class #2 di hari terakhir dan di menit-menit akhir. Waktu yang membuat mereka berat langkah, dua hari terasa kurang. “Teman-temannya menyenangkan…” kata Alif. Anak yang selalu datang lebih dulu, mungkin karena rumahnya paling dekat dengan FUN Institute. Atau memang Alif anak yang rajin dan disiplin. Atau… dia takut kehilangan posisi strategis kursinya. Terlanjur pewe! – posisi wuenaaak.

            Hari kedua…

hc-2dSaya terus bbm-an sama Haya, – Haya Aliya Zaki, editor, penulis, dosen sekaligus bloger – yang mau mengisi materi ngeblog.  “Perlu dijemput nggak?” tulis saya. Dia balas, “Nggak usah, insya Allah ketemu…” Dan justru ketika sudah masuk komplek, disitulah masalah. Hape saya ngedrop, lalu meninggal, di saat genting. Ya, saat mengarahkan dari gerbang komplek ke lokasi.

Walhasil, saya susul saja ke depan. Dan benar saja, saya papasan sama Haya beserta keluarganya di belokan arah rumah saya. Hanya beberapa rumah saja selangnya. Saya memang sudah lama tidak bertemu, tapi tetap komunikasi. Jadi manusia modern memang aneh, terasa dekat walau jarang ketemu fisik.

Pelatihan hari kedua pun berlangsung. Tak lama setelah pematerinya datang, Thariq datang. Disusul yang lain. Reyhan dan Ivan datang dianter sopir, rupanya semalam dia menginap di rumah neneknya di Karawaci, tidak pulang ke rumahnya di Taman Aster Bekasi. Jadi bisa datang lebih cepat.

hc-2eFormasi memang belum lengkap, karena Ursyi, Nisa dan Azka belum datang. Tapi orang tuanya mengabarkan, bahwa mereka masih dalam perjalanan. Namun waktu sudah harus dimulai. Maka mulailah pelatihan hari kedua itu…

Jreeeeeng….

Haya memulai dengan senam otak… hmm! Gerakan yang penting untuk melatih konsentrasi. Melatih fokus peserta. Dilanjut perkenalan lagi. Dan langsung tancap pada materi ngeblog. Kenapa ngeblog, karena itulah cara mengontrol perkembangan gairah kepenulisan teman-teman pascapelatihan.

Dengan telaten, Haya yang dosen menjelaskan materinya dengan sangat sistematik. Khas pengajar. Diseling pertanyaan, kuis, senam otak lagi, dan tentu saja banjir hadiah untuk peserta dari Haya yang juga srikandi bloger Indonesia .

hc-2b  “Sesi teori selesai, nanti dilanjut dengan bikin blog dibantu oleh Kak Soson, Kak Ikal dan Kak Ali ya… sekarang kita istirahat, makan siang dan shalat,” kata saya menjelang jeda sesi pertama usai. Tampak senyum merekah, mungkin kata ‘makan siang’ manjur untuk segala umur ya, hehe…

Setelah selesai semuanya, maka praktik membuat blog pun dimulai…

“Aku sudah punya email,” kata Hana.

“Aku belum…” sambut Tsania.

“Aku juga belum…” kata Ursyi, Nisa dan Azka bersahutan.

“Iya, nanti semua yang belum punya imel dibuatkan…”

Ikal dan Ali sigap membantu teman-teman kecil ini. Soson yang datang dari kondangan, masih pakai batik langsung ambil tugas. Satu persatu mereka mulai punya imel. Menentukan namanya sendiri. Dengan nama yang bikin senyum…

“Saya udah punya blog, tapi passwordnya lupa,” kata Ivan.

“Saya juga sudah,” kata Reyhan.

hc-2c   “Oke, jadi tinggal rajin update tulisan ya,” kata Haya yang terus telaten membimbing peserta Holiday Class #2 ini.

Benar-benar mengasyikan, menulis, membuat blog, lalu mengisinya… Terasa sekali waktunya kurang banyak kalau cuma dua hari. Jadi…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s