FUN Institute

WritingCamp!


writing camp

Banyak yang menakjubkan…

Lakukanlah sesuatu, maka banyak hal tak terduga akan kau dapatkan. Kira-kira itulah yang saya dapati ketika mengurusi hajatan FUN Insitute menggelar WritingCamp! Saya benar-benar banyak belajar. Dan ramadhan ini terasa semakin bermakna.

wcamp5Anomali musim yang mendera, hujan tak lagi di Bulan Juni seperti puisinya Sapardi Djoko Damono, tapi sudah masuk ke bulan Juli pun hujan terus berurai. Seperti yang saya yakini, betapa istimewanya hujan, waktu saya ngaji dulu, ustadznya bilang, “Setiap tetes air hujan itu tentaranya Allah, makan berdoalah meminta apa yang kamu inginkan. Karena hujan membuat doamu tak terhijab…”

Hmm, tak perlu saya tuliskan. Saya berdoa minta apa…

Tapi WritingCamp! FUN Institute yang pertama, Alhamdulillah lancar tanpa halangan dalam iringan hujan yang panjang.

Saudara baru…

wcamp7 Setiap kali ada event di FUN Institute, selalu saja melahirkan saudara baru. Begitulah, begitu mudah hati-hati menyatu di ruang sederhana itu. Di sebuah tempat yang ‘semula’ akan dibilang jauh. Terpencil, di pojokan, dan sulit dicari… Tapi tak mudah langkah untuk segera pergi. Ada yang rasa yang mengikat kaki-kaki untuk lebih lama istirahat, merehat langkah sementara. Duduk bercengkerama, banyak cerita, tentu saja dengan bumbu canda yang kian menghangatkan suasana.

“Aku nginep aja deh…” kata Ria yang sebelumnya juga mengurungkan jalan untuk pergi ke kampus. Jauh hari dia sudah bilang, “Aku sampai jam tiga ya Mas, nanti aku ke kampus, tapi besok pagi aku dateng lagi…”

“Kalau nggak dijemput, aku nginep aja…” kata Nuke, wajah baru yang tampaknya langsung melarut rasa dalam suasana di FUN Institute. Pun, Fisra yang punya ‘keistimewaan’ sulit menginap selain di kamarnya, tapi masih betah berlama-lama untuk terus berbagi cerita bersama Yudha yang juga menunda janji malam minggunya untuk seseorang.

Sederhana saja…

wcamp6 Namanya saja WritingCamp! Tapi intinya adalah belajar bagaimana menjadi manusia. Tidak semata-mata belajar menulis kisah inspiratif dan belajar menulis dasar-dasar skenario bersama Zaenal Radar. Bukan, bukan semata-mata itu…

Apa pun nama program di FUN Institute, selalu ada pelajaran yang lebih besar membungkusnya. Berulang saya katakan, berkali-kali saya sampaikan kepada teman-teman. Menjadi manusia itu menyenangkan, boleh salah, boleh khilaf, boleh keliru. Boleh bodoh, boleh tidak tahu, dan boleh apa saja. Termasuk boleh menjadi kaya, menjadi pintar, dan menjadi dermawan.

Nah, proses menjadi itulah yang harus dilakukan dengan sadar dan sabar.

Harus dengan kesadaran penuh, harus dengan kesabaran yang tanpa tepi. Tanpa mengurangi ruang, bahwa sebagai manusia tetap memiliki ketidaksabaran, kegalauan,dan rupa-rupa rasa lainnya.

Memang, tag-nya belajar menulis kisah inspiratif. Namun pada akhirnya, semua yang datang adalah inspirasi itu sendiri. Semua saling menginspirasi. Saya banyak belajar dari yang datang. Saya belajar dari Nuke, saya terinspirasi oleh Koko, Agus, Ria, Fisra dan Selvi. Tentu saya harus menyebut Alin yang jauh-jauh datang dari Karawang, Dina, Ali, Ikal, Soson dan ustadz Yudha yang menjadi imam tawareh dan shalat wajib lainnya.

Betul mereka datang untuk belajar menulis, tapi saya belajar lebih banyak dari mereka. Dan buat saya itu anugerah Tuhan yang tak terperi. Menghadirkan ayat-ayat hidup dan kehidupan persis ke hadapan saya. Padahal siapalah saya…

Iklan

3 tanggapan untuk “WritingCamp!”

  1. Ke fun institute adalah tempat saya untuk sekedar merilekskan pikiran….ketawa sampai guling-guling..hhehehhehhehe

      1. hahhhahha..itu point plusnya kang, nggak afdol klo ke rumah ‘Eyang’ ndak rusuhin kek gitu, soalnya buahnya tinggal ambil di kebon hhahhahhahha….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s