FUN Institute

Fun Institute, Tidak Serta Merta


FUN Institute bukan sesuatu yang serta merta…

Ada banyak trial and error yang dilakukan sebelum di-launching. Saya harus menyakinkan diri sendiri, bahwa saya memang mempunyai ‘sesuatu’ yang bisa dibagikan kepada teman-teman yang kelak datang ke FUN Institute. Dan meyakinkan diri sendiri itu tidak mudah, tidak gampang dan tidak sederhana.

ceo fwiBuat saya yang tidak terlalu percaya diri, butuh banyak sekali stimulus untuk meyakinkan bahwa saya ‘bisa!’. Alhasil saya coba konsepkan, bagaimana pola belajar, mengajar, dan materinya. Lalu saya lakukan beberapa kali ujicoba…

Saya memberikan bea siswa bagi sepuluh orang untuk belajar menulis kepada saya. Belajar di rumah saya, yang pada akhirnya menjadi kelas dan sarana belajar FUN Institute. Saya tidak bilang kepada mereka kalau saya mau membuka kelas menulis, saya tidak bilang kepada mereka saya akan membuka sekolah menulis.

Training menulis cerpen, itu yang pertama saya berikan. Alhamdulillah mendapat antusiasme yang baik. Semoga hasilnya juga baik buat pesertanya. Nanti biar mereka sendiri yang memberi testimoni, biar fair. Selanjutnya saya juga berikan beasiswa untuk editing. Kelas editing juga lumayan antusias. Harapannya mereka paham dan tahu bagaimana dunia editing.

Dari hasil itulah, saya mengevaluasi. Apa dan bagaimana metode dan formula terbaik yang bisa dilakukan dalam kelas-kelas menulis yang akan dibuka nanti. Apa kemampuan saya sudah cukup, apa manajemennya siap. Dan butuh persiapan panjang, sampai akhirnya saya punya keberanian dan berkata, “Kita mulai sekarang…”

Ya, bukankah sesuatu yang baik-baik harus disegerakan. Semoga langkah kecil ini menjadi manfaat. Sebanyak-banyaknya manfaat. Menjadi persemaian ilmu, mengembalikan kepada sang Maha Pemilik dengan membagikannya. Semoga tumbuh menjadi banyak kebaikan, kebaikan, dan kelebihbaikan semata-mata. Mohon doa semuanya…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s