FUN Institute

Komunitas FUN Writing


“Gue paling suka hari Rabu, karena postingan di Rabu Rasa seru-seru banget…” kata salah satu anggota grup di fesbuknya Komunitas FUN Writing.

Ya, ini adalah grup di fesbuk yang menjadi salah satu cara FUN Institute merangsang daya menulis para anggotanya. Anggota grup tentu saja. Memang belum terbuka, masih tertutup tapi bukan berarti grup ini eksklusif. Pilihan membatasi, ya membatasi anggota sebenarnya kapasitas adminnya yang belum siap. Jadi, biarlah sementara grup ini terbatas, tapi intensitas komunikasi dan interaksi antar semua elemen di situ bergerak dan terpelihara baik.

Dalam grup ini, sebagian besar anggotanya adalah alumni kelas-kelas pelatihan menulis FUN Institute. Baik mulai dari alumni penerima beasiswa kepenulisan yang secara berkala diberikan kepada orang-orang yang dianggap potensial, maupun alumni kelas akhir pekan, kelas online, atau orang-orang yang direkomendasikan oleh mereka.

Tujuan dasar dari Komunitas FUN Writing adalah membiasakan orang menulis. Sederhana, ‘membiasakan’. Jadi setiap hari, walau hanya satu paragraf, walau hanya beberapa kalimat, di grup ini kebiasaan itu dilakukan. Sebuah konsep sederhana dari penjabaran kata ‘eksplorasi’ yang menjadi kata kunci pembelajaran di FUN Institute.

Mengeksplorasi hal-hal yang sederhana. Hanya soal remeh temeh, sangat trivial. Soal rasa, curhat, makanan, dan kadang hanya mengabarkan cerita hari sebelumnya. Hanya saja, semua itu diformulasikan dalam tema-tema yang berbeda setiap harinya.

Ada Senin Ceria. Silakan posting tentang pengalaman akhir pekan. Kemana sama siapa, ada apa saja disana. Bagaimana bisa sampai ke sana… dan seterusnya. Tanpa terasa, orang akan menuliskan pengalamannya dan sudah menjawab formula 5W+H. Cara yang sederhana… Senin Ceria, juga untuk mematahkan ‘I don’t like Monday’. Bahwa Senin menjadi tidak bête, karena bisa posting sesuatu.

Ada Selasa Cerita… ini agak serius, walau tidak sampai berkerut kening. Hanya meneruskan cerita, kita akan membuat cerpen secara sambung menyambung dengan aturan tertentu. Hasilnya menarik. Lucu, kadang benar, kadang juga ‘ancur’… bukan masalah. Lanjut!

Terus ada Rabu Rasa, silakan bicara tentang makanan. Dan luar biasa, semua menulis… ini artinya apa, kita semua bisa menulis. Menulis itu mudah dan menyenangkan.

Masih banyak tema lainnya, setidaknya banyak tips menulis bertebaran di grup ini. Dengan tetap rileks, terukur dan bermartabat… Harapannya, grup ini mampu membuat orang ‘terbiasa’ menulis. Spiritnya itu. Rileks, terukur…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s