Sudut Pandang

[Bahasa] Palindrom


Saya menyukai angka delapan, bukan karena mistik atau fengshui apa-apa. Karena senang saja, bikin saya mudah mengingatnya. Rumah saya nomor delapan, biar praktis ya sudah semua nomor ponsel saya pakai angka delapan juga. Karena mencari sepuluh angka dengan nomor yang sama susah dan tentu mahal, untunglah saya masih dapat nomor delapan berjejer tiga angka. Ya biar mudah mengingat dan menghapalnya…

Ketika tahun lalu orang terkesan dengan angka sepuluh, banyak yang bikin momen penting di tanggal 10, bulan 10, tahun 2010. Mungkin seperti sekarang yang memilih tanggal 11 bulan 11 dan tahun 2011 atau disingkat 11-11-11 untuk membuat momen penting dalam hidupnya. Konon di Malaysia ada 200 pasangan menikah tepat di tanggal ini. Di Indonesia? Haha… salah satunya ustadz yang juga pemain sinema televisi.

Dalam bahasa hal seperti ini sering disebut palindrome.Palindrome adalah susunan angka, kata, atau frase yang bila dibaca dari depan maupun belakang tetap sama. Kata-kata yang termasuk palindrom misalnya: ada, apa, ara, asa, bab, ini, katak, kodok, makam, malam, radar, taat.  Contoh lainnya, kasur rusak atau aku suka, yang sama jika dibaca dari dua arah.

Saya tidak terlalu yakin, apakah mereka yang memilih menikah di tanggal 11 bulan 11 tahu 11 jam 11 lewat 11 menit itu tahu soal ini. Rasanya sih tidak ya, yang penting angkanya cantik. Syukur dapat calon istrinya juga cantik. Karena kalau soal waktu, susah juga buat menepatkan jam. Apakah ketika ijab kabul usai diucapkan dan penghulu bilang, ”Sah? Sah?” dan hadirin mengiyakan dengan riuh, ”Saaaaah…” tepat pukul 11 lewat 11 menit.

Apalagi kalau nikahnya di masjid yang jamnya banyak di setiap sisi dindingnya. Kecuali ada petugas yang disiapkan untuk menghentikan semua jam pada 11.11 itu. Jadi ketika dibilang sah, pengantin pria melihat jam tangan tetap 11.11 karena memang sudah dimatikan dan disetel jam itu dari sebelum akad. Pengantin putri pun tersenyum melihat semua jam menunjuk 11.11 di tangal 11-11-11.

Halah, kok jadi repot ya…

Ya terserah sajalah. Silakan membuat cantik hidup masing-masing, karena siapa lagi yang mau mempercantik dan menghibur diri kita selain kita sendiri. Buat yang menikah ya doa saya semoga menjadi keluarga sakinah mawaddah dan rahmah. Buat yang operasi caesar, semoga ibunya selamat, anaknya sehat dan menjadi anak yang shaleh dan shalehah. Amin.

Iklan

2 tanggapan untuk “[Bahasa] Palindrom”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s